Robot Pemanjat Tembok


robot
Robot dapat mengukur skala permukaan menggunakan prinsip yang sama dengan elektrostatik, yang dapat membuat stik balon melayang ke udara stelah digosok. Sebuah mesin yang dikembangkan oleh tim dalam program SRI’s Mobile Robotics dan Transducers Programme, mesin robot tersebut memiliki ukuran seukuran remote control mobil-mobilan dan memiliki gerigi yang sama pada mainan tank.
Di dalam material robot ini terdapat properties electro-adhesive atau perekat elektrostatis, yang ketika diaplikasikan, robot akan tertarik ke dinding dan dapat mencegah robot agar tidak jatuh ke bawah. Harsha Prahlad, peneliti yang menciptakan robot serangga ini, mengungkapkan bahwa robot menggunakan power supply di dalamnya dan robot juga dapat menjepitkan kakinya ke dinding. Menurutnya, robot ini bekerja dengan sisi negative dan positif, ketika dinding atau tembok memberikan sisi negative maka robot akan memberikan sisi positif, begitu pula sebaliknya.
Teknologi yang dimiliki robot ini disebut elektro perekat yang lunak (electroadhesion), yang digunakan dalam energi jumlah kecil dan robot dapat merambat dengan kecepatan sepanjang body-nya per detik. Robot ini menurut rencana Prahlad akan digunakan untuk militer, untuk pengintaian, layanan aplikasi dan sebagai mainan. Tim Prahlad juga berencana untuk mengaplikasikan teknologi robot tersebut untuk menjadi seperti serangga, yang dapat terbang dan dapat berjalan bolak balik. Tentunya, menurut Prahlad, semua itu dapat dilakukan dengan menggunakan electroadhesion di kaki robot.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Robot Pemanjat Tembok di blog Indo Elektronika jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

2 Komentar

apakah di Indonesia ada yang jual perangkat electroadhesion tersebut?? soalnya saya juga mau coba buat... terimakasih

Balas

sepengetahuan saya di indonesia tidak ada yang menjual ,tapi kalau di negara lain pasti ada ...

terima kasih atas komentar nya .
sukses selalu untuk anda .

Balas