Rangkaian sirene


Rangkaian sirene mensimulasikan polisi, kebakaran atau sirene darurat lain yang menghasilkan meratap atas dan bawah.

schematic

Inti dari rangkaian tersebut adalah dua transistor flasher dengan modulasi frekuensi diterapkan pada basis transistor pertama. Ketika tombol tekan ditekan, frekuensi osilasi naik ke puncak dan ketika tombol dilepaskan, frekuensi turun karena tegangan naik dan turun pada kapasitor UF 22. Laju perubahan ditentukan oleh nilai kapasitor dan resistor 100k dari tombol tekan. Osilasi akhirnya berhenti jika tombol tidak tertekan dan konsumsi saat ini turun ke tingkat kecil sehingga tidak ada tombol power yang dibutuhkan.

Para UF 0,1 menentukan pitch sirene: 0.047uF A akan memberikan sirene lapangan yang lebih tinggi dan UF 0,001 akan memberikan ultrasonik (setidaknya untuk saya, anyway) sirene dari 15 sampai 30 kHz yang mungkin memiliki efek yang menarik pada lingkungan anjing! Resistor 33k dari kolektor dari PNP ke dasar NPN melebar pulsa untuk pembicara memberikan volume yang lebih besar.

Rangkaian flasher drive transistor PNP yang kekuatan pembicara. Transistor ini mungkin transistor sinyal kecil seperti 2N4403 dalam sebagian besar aplikasi karena tidak akan menghilangkan berkat daya banyak yang cepat on-dan-off switching. 100 ohm dan kapasitor 100uF secara seri dengan pembicara membatasi arus sampai 60 mA dan mereka mungkin akan digantikan dengan sirkuit pendek untuk sirene keras selama transistor dapat mengambil arus meningkat. Prototipe menarik sekitar 120 mA ketika korsleting yang baik untuk 2N4403 itu.

Substitusi transistor harus baik-baik - mencoba hampir semua sinyal kecil transistor tetapi menghindari jenis frekuensi tinggi sehingga Anda tidak berakhir dengan osilasi RF yang tidak diinginkan.



Elektronik Chime

Sirkuit ini mensimulasikan berpadu mirip dengan banyak mobil suara membuat ketika tombol yang tersisa di mesin mobil. Dua bawah gerbang membentuk osilator audio squarewave yang mendorong basis 2N4401, mengubahnya dan mematikan pada tingkat audio. Atas dua gerbang menghasilkan pulsa rendah akan pendek sekitar sekali per detik yang discharge kapasitor 10 UF melalui dioda. Tegangan kemudian melompat dan perlahan meluruh melalui resistor 15 k kolektor 2N4401 ketika sedang melakukan. Hasilnya adalah squarewave pada kolektor dari 2N4401 yang melompat dengan cepat kemudian meluruh perlahan. The Darlington emitor-pengikut buffer squarewave dan drive speaker kecil.

schematic

Frekuensi nada ditentukan oleh kapasitor pF 1000 dan irama berpadu ditentukan oleh kapasitor UF 0,1. Kapasitor 10 uF menentukan seberapa cepat berpadu padam dan 3,3 k/3.3 UF melunakkan waktu serangan dari ujung bagian depan berbunyi. Volume disetel oleh ohm resistor 22 dan 100 UF kapasitor bypass. Nilai-nilai ini dapat bervariasi secara eksperimental untuk menghasilkan suara yang diinginkan.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Rangkaian sirene di blog Indo Elektronika jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :