Jarum Pembeku Kanker Tumor.

Banyak pasien mengira dan takut bahwa kanker hanya bisa dapat diobati dengan operasi besar,namun hal itu tak sepenuhnya benar.Masih ada cara lain untuk mengobati kanker,yakni dengan cara memasukkan jarum halus kedalam bronkus(cabang saluran pernafasan)yang disebut dengan metode cryosurgery (pembekuan).

Cryosurgery adalah teknologi pendinginan cepat dengan suhu ultra rendah,posisi tumor ditentukan melalui CT atau USG.Setelah itu,dokter melakukan sterilisasi lokal,kemudian jarum ditusuk kan pada tumor.Dengan jarum tersebut,satu selubung khusus pisau cryo dimasukkan ke lesi tumor.

Gas argon diujung pisau berekspansi cepat,kurang lebih 10 detik,untuk menurunkan suhu hingga minus 140 Derajat celcius.suhu ini dipertahankan selama 15-20 menit agar tumor membeku.Lalu gas helium di injeksikan untuk meningkatkan suhu secara cepat hingga 0 derajat celcius sehingga bola es berisi tumor mencair.

Gas argon kembali dimasukkan untuk menurunkan suhu menjadi 140 derajat celcius  selama 15-20 menit,proses yang berlangsung selama 1-2 jam itu bisa merusak total jaringan lesi.Kecepatan pendinginan dan pemanasan,waktu,suhu dan ruang lingkup kerusakan bisa dikontrol serta dipantau melalui USG atau CT.

Karena pendinginan  atau pemanasan pisau argon helium terbatas pada ujung pisau,batang pisau memiliki isolasi termal yang baik.dengan demikian,jaringan yang dilewati pisau tidak akan rusak.Dalam proses operasi dengan temperatur yang sangat rendah,dokter menusukkan beberapa jarum bersuhu rendah ke tumor,dalam beberapa menit tumor akan berubah menjadi bola es yang keras dan meledak.

Kepingan sel yang telah mati dan tidak berbahaya dalam beberapa minggu akan diserap tubuh,ukuran tumor pun mengecil hingga 80-90%,setelah menjalani Cryosurgery pasien hanya perlu berbaring selama kurang lebih 6jam untuk mencegah pendarahan lokal.hari berikutnya pasien sudah bisa turun ranjang dan bisa kembali menjalani aktivitas.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Jarum Pembeku Kanker Tumor. di blog Indo Elektronika jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :