Pengertian Hardisk

Disk drive (HDD-Hard Disk atau HDD-Hard Disk Drive) adalah komponen yang menyimpan informasi secara permanen dapat digunakan kembali (data, program, data, perangkat kontrol) dari komputer atau perangkat lain di mana ada kebutuhan untuk secara permanen menyimpan informasi digital. Awalnya hanya digunakan dalam komputer, penggunaannya menjadi televisi luas dengan merekam video digital, digital video recorder, konsol game, penerima dan perekam video dalam definisi tinggi.Mengikat papan ibu (motherboard) melalui disk controller menafsirkan informasi yang diminta oleh pengolahan, untuk membaca dan menulis. Semoga, dalam kasus RAM tidak mencukupi, dapat digunakan sebagai virtual memory dengan mengganti RAM. Sambungan dari disk komputer dilakukan melalui sebuah antarmuka:

  • SATA (Serial ATA)
  • IDE
  • SCSI

Penyimpanan Data


Hard drive nampan
Gambar 1 - Trays dan kepala - Hard
Hard drive terdiri dari bahan elektromagnetik pada permukaan baki (pada kenyataannya ada beberapa disk dan bukan sosok tunggal: a) unsur dekat disk (Kepala-Kepala) akan mengadakan magnetis (menulis atau membaca) informasi biner digital ( 0 atau 1), bahan elektromagnetik dipisahkan dengan baki (piring) non-magnetik. Dengan demikian, disk tunggal dibagi dengan lagu, masing-masing berisi sejumlah sektor dengan biasanya 512 bit, yang disebut silinder untuk kumpulan data yang terletak pada jalur yang sama dalam nampan yang berbeda.

Komponen disk
komposisi kerashdd

Tergantung pada disk, sehingga kami tahu ruang penyimpanan

Parameter

Perhitungan Parameter HDD
N. Kepala-Kepala Pada Disc
Silinder Pada Disc
Sektor Pada Runway
Bytes Sektor
  
N. Trek-Trek Total
N. Sektor Total
Bytes Total
Megabyte Total
Gigabytes Total

Teknis Karakteristik Disk

Kecepatan rotasi

Disk kecepatan berbanding lurus dengan laju data, sehingga semakin besar semakin tinggi kecepatan transfer. Di samping meningkatkan kecepatan meningkatkan tingkat kebisingan dan pemanasan terkait. Kebanyakan dari disk memiliki 7200-15000 revolusi kecepatan per menit.

Throughput

Aliran data (menulis atau membaca) diukur dalam bit per unit waktu, biasanya bit / detik. Angka ini menunjukkan kapasitas efektif transfer disk. Tingkat aktual transfer mungkin berbeda dari tingkat teoritis, biasanya karena akses ke data pada disk mereka tersebar dan tidak di satu tempat.

Kapasitas

Kemungkinan jumlah data untuk menyimpan dalam disk yang diberikan.

Akses Waktu

Delay waktu pengiriman antara kepala menerima instruksi untuk membaca atau menulis data dan waktu yang benar-benar akan memberikan data tersebut, waktu semakin rendah akses adalah kinerja disk terbaik.

Latency

Waktu antara saat disk menemukan jalur dan saat mana data

Radial kepadatan

Jumlah track per inch (TPI: Jalur per Inch)

Linear Density

Jumlah bit per inci di jalur tertentu (BPI: Bit per Inch)

Permukaan kepadatan

hubungan antara kepadatan dan densitas linier radial (bit per inci persegi)

Memori disk controller

Memori disk yang digunakan untuk menghindari kemacetan, disk menempatkan beberapa data antrian di buffer di mana mereka tidak dapat disampaikan dalam waktu yang ia telah diminta, sehingga menghindari berhenti mekanik

HDD Interface

Salah satu perbedaan utama antara cakram adalah antarmuka standar yang mereka gunakan untuk berkomunikasi antara teknologi yang digunakan adalah IDE, SATA, SCSI.

IDE, EIDE, ATA

Standar IDE adalah istilah umum dalam teknologi komersial yang menggunakan ATA (Advanced Technology Attachment) antarmuka standar yang telah dibuat pada tahun 1994 awalnya hanya untuk menghubungkan hard drive telah diperluas untuk link yang memungkinkan perangkat ATAPI (CD-ROM pembaca , dvd player).
IDE (Integrated Drive Electronics) atau Enhanced IDE (EIDE atau E-IDE) adalah nama dagang dari standar ATA yang memungkinkan perangkat untuk terhubung langsung ke motherboard melalui kabel terdiri dari 40 kabel secara paralel.
Kabel IDE - ATAIDE konektor
Pergilah keraside kabel konektor konektor
Teknologi ini memungkinkan Anda menghubungkan dua perangkat, perangkat ID dilakukan pada disk, dengan dua yang terhubung pada kabel yang sama, yang lain akan menjadi budak MASTER. Disk, CD-ROM, DVD-ROM memiliki jumper yang mengidentifikasi perangkat sebagai master atau slave.
Jika sedang digunakan dua perangkat pada kabel yang sama, seseorang harus menjadi MASTER budak lainnya.
Beberapa disk memiliki identifikasi dengan jumper, yang lain pada label.
Teknologi ini memungkinkan Anda menghubungkan dua perangkat, perangkat ID dilakukan pada disk, dengan dua yang terhubung pada kabel yang sama, yang lain akan menjadi budak MASTER. Disk, CD-ROM, DVD-ROM memiliki jumper yang mengidentifikasi perangkat sebagai master atau slave.
Jika sedang digunakan dua perangkat pada kabel yang sama, seseorang harus menjadi MASTER budak lainnya.
IDE jumper Slave Konfigurasi GuruJumper
JUMPER CONNECTOR HDDmaster slave konfigurasi

Pasokan Disc Tegangan

Hard drive ini didukung oleh tegangan positif ATX dari 5 V dan 12 V
Koneksi harddiskHard Drive KonektorMolex konektor
menghubungkan diskdaya pasang di driveHDD daya

CIM Mode

PIO modeKecepatan (MB / s)Standar
Mode 03.3ATA
Mode 15.2ATA
Mode 28.3ATA
Mode 311.1ATA
Mode 416.7ATA

Data output dijalankan melalui protokol yang disebut CIM (Input Programmed / Output) memungkinkan perangkat untuk bertukar data dengan memori. Besar transfer data bisa memaksakan beban kerja untuk prosesor yang sangat tinggi dan cepat memperlambat keseluruhan sistem. 
Ada lima mode yang mendefinisikan tingkat CIM maksimum transfer: 



DMA mode

DMA modeSiklus waktu
(nanodetik)
Kecepatan (MB / s)Standar
Satu kata - Mode 09602.1ATA
word Single - Mode 14804.2ATA
word Single - Mode 22408.3ATA
Multi Word - Mode 04804.2ATA
Multi Word - Mode 115013.3ATA-2
Multi Word - Mode 212016.7ATA-2
DMA (Direct Memory Access) memungkinkan untuk melepaskan prosesor memungkinkan setiap peripheral untuk langsung mengakses memori. 
Ada dua jenis mode DMA:
  • DMA "Firman multi" memungkinkan transmisi beberapa kata secara berurutan untuk setiap sesi transfer;
  • DMA "Firman Tunggal" memungkinkan Anda untuk mengirimkan satu kata (dua byte adalah 16 bit) untuk setiap sesi transfer.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian Hardisk di blog Indo Elektronika jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :