buat hotspot dirumah dengan Linksys WRT54G2 wireless-G broadband router




awal mula ceritanya gini selama ini saya kalo mau akses internet mesti make kabel wah cukup repot kalo buat di pake di notebook mesti pasang lepas kabel UTP..hehe soalnya di rumah saya usernya terlalu banyak nih. daripada berebutan sama ade saya, solusing masang perangkat yang satu ini.


namanya LinkSys WRT54G2. perangkat yang cukup mungil ini bisa dijadikan Router, wireless connection maupun wired connection. router ini menyediakan 4 port RJ45.
untuk mensettingnya agak sedikit susah di banding access point  Linksys WAP54G. tapi tampilan menu berbasis GUI yang di sediakan oleh si Linksys cukup user friendly bagi newbie seperti saya. langsung aja ke tahap penyenttingan.
colok dulu si modem ADSL dari telkom  speedy ke router tersebut. setelah connect dengan notebook kita buka firefox. isikan dengan ip address default 192.168.1.1 isikan password admin dan kosongin aja usernamenya :)
saya menggunakan static ip di settingan internet setup karna milih dhcp ga konek konek :D
pilih static IP
Internet IP Address: 192.168.1.2
Subnet Mask: 255.255.255.0
Gateway: 192.168.1.1
Static DNS 1: 202.134.0.155
Local IP Address: 192.168.2.1 (ini ip buat si router defaultnya 192.168.1.1)
Subnet Mask: 255.255.255.0
udah diisi klik save setting
bila ingin mengganti nama hotspot kita (SSID) masuk ke tab wireless.
nah supaya aman ga ada yang seenaknya ngambil akses internet kita saya masuk ke wireless security
saya menggunakan WPA2 personal . agar user lain yang ingin menggunakan hotspot kita. isikan password hot spot kita  di wpa shared key

yang lain biarkan si router ini yang mengantur kita hanya perlu melakukan settinggan sederhana diatas.
dengan begini jadi deh hotspot hotspotan yang ala kadarnya di rumah saya. :) lumayan sekarang bisa akses dari hape, notebook maupun pc desktop asal ada usb wireless adapter
semoga berguna
Terima kasih telah membaca artikel tentang buat hotspot dirumah dengan Linksys WRT54G2 wireless-G broadband router di blog Indo Elektronika jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :