Memperbaiki Monitor LG T530S yang Powernya berkedip-kedip

 1. Monitor mengalami kerusakan di Transistor Horisontal yang short. Short bisa disebabkan karena panas berlebihan atau flyback yang rusak atau mau rusak.

2. Monitor mengalami kerusakan di FET B+ yang short. FET ini berfungsi untuk menaikkan tegangan dari 50 vdc ke 80-120 vdc. FET rusak karena elco regulator tegangan kering atau overload tegangan.

3. Monitor mengalami kerusakan di bagian lain yang mengalami short / konslet, antara lain di bagian blok vertikal, blok video dan blok lainnya. Biasanya yang sering rusak adalah bagian diodanya yang short.
4. Monitor mengalami kerusakan di elco regulator untuk tegangan kerja IC program yaitu tegangan 5 vdc. Jika elco regulator ataupun IC regulator tegangan 5 vdc ini rusak, maka tegangan yang seharusnya 5 vdc menjadi berkurang atau bahkan kadang bertambah. Inilah yang menyebabkan monitor terkunci dan tidak bisa di nyalakan.

Pengecekan pun di mulai dari urutan 1, cek transistor Horizontal dan ternyata masih Oke.. Selanjutnya Cek FET B+ yang mengarah ke Flyback..dan hasilnya juga OKe..pada akhirnya Elco regulator 5V yang letaknya di dekat blok Power Suply ( 1000uF/10V )..

Sepintas Elco tersebut terlihat agak melembung, dari pada ragu, saya lepas dan cek dengan avo meter memang agak aneh.. kemudian saya ganti dengan yang baru..( baru ambil dari rongsokan power suply PC yang rusak ) .. kali ini saya ganti dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 2200uF/10V.. :)



Setalah itu saya coba nyalakan dan akhirnya mau menyala dengan normal..

Terima kasih telah membaca artikel tentang Memperbaiki Monitor LG T530S yang Powernya berkedip-kedip di blog Indo Elektronika jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :