Rangkaian Equalizer 6 Band Grafik


Gambar skema Rangkaian Equalizer 6 Band Grafik beserta komponen dan cara pembuatannya

Equalizer 6 Band Grafik, Anda dapat mengatur suara rendah, menengah dan tinggi yang digunakan rangkaian IC 741 Op-Amp. Dengan rangkaian ini Anda dapat mengontrol dan mencampur frekuensi dan nada yang diinginkan.
Equalizer merupakan salah satu perangkat audio dengan kontrol frequency untuk mengatur sound instrument. Equalizer lazim disingkat dengan istilah EQ. Equalizer ini dapat anda temukan di tiap track pada software DAW anda. Semua proses dalam audio recording (tracking, mixing dan mastering) akan melibatkan fungsi equalizer.
Sebuah equalizer dapat digunakan untuk mengurangi suara yang didapat dari kesalahan ketika merekam, seperti suara noise, bising, kotor dan sebagainya. Tapi sebenarnya suara-suara yang tidak dibutuhkan tersebut harus sudah diminimalisir sebelum rekaman berlangsung, seperti contoh:
  • Suara bising dari rekaman microphone, seharusnya menggunakan peredam.
  • Suara picking gitar yang kotor, sebaiknya musisi/talent/player sudah berlatih untuk teknik meminimalisir hal tersebut.
  • Suara sibilance vocal yang berlebihan, microphone sebaiknya menggunakan pop filter dan menggunakan treatment acoustic room yang baik.
Equalizer memang dapat digunakan untuk mengurangi suara-suara buruk tersebut, tapi jangan jadikan equalizer sebagai jurus andalan anda, karena banyak menggunakan equalizer secara berlebihan dapat membuat sound instrument menjadi tumpul.
Pada dasarnya, rangkaian equalizer ini terdiri dari sebuah IC 741 yang mendapatkan di berbagai freguencies ditentukan oleh pengaturan potensiometer yang sesuai.
Spektrum audible frequency tercakup dalam enam langkah: 50Hz, 160Hz, 500Hz, 1.6kHz, 5kHz, 16kHz. Semua potensiometer adalah jenis linier 100kΩ. Sirkuit ini menyediakan dorongan yang memadai / dipotong untuk penggunaan normal.
Power supply untuk rangkaian dapat diturunkan dari penguat / preamplifier sendiri. Para rangeof lebar suplai tegangan (6V-20V) membuat sirkuit yang sangat fleksibel. Power konsumsi diabaikan.





Daftar Komponen :
R1, R2, R3, R4, R5, R6: 27kΩ C1: C6 100n: 300pF
R7: 470kΩ C2: 33n C7: 100uF/16V
R8: 330kΩ C3: 10N C8: 4.7uF/16V
R9: 100kΩ C4: C9 3.3n: 47uF/16V
R10: 4.7kΩ C5: 1n IC1: 741 Op amp
R11: 4.7kΩ
VR1, VR2, VR3, VR4, VR5, VR6: Linear Potensiometer 100kΩ
Alhasil Anda dapat mengontrol frekuensi dan nada yang diinginkan dengan equalizer.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Rangkaian Equalizer 6 Band Grafik di blog Indo Elektronika jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

1 Komentar :