Bahaya Di balik Status Jejaring Sosial Facebook.

Indonesia merupakan pengguna facebook terbesar ketiga didunia dengan jumlah 43,06 juta akun,dan pengguna twitter terbesar ke lima dengan jumlah akun mencapai angka 19,5 juta.Angka tersebut menunjukkan betapa besar antusiasme masyarakat tanah air terhadap media jejaring sosial tersebut,Namun sebagian dari anda mungkin tidak menyadari bahwa bersosialisasi di dunia maya atau bahkan hanya sekedar update status menyimpan bahaya tersendiri,berikut beberapa resiko yang mungkin anda hadapi jika kurang bijak ber-jejaring sosial.

1. Menjadi Korban Kejahatan.
       Banyak kasus penculikan,pelecehan,bahkan pemerkosaan marak terjadi di facebook,rata_rata korban baru mengenal pelaku dari media jejaring sosial tersebut,Hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kejahatan semacam ini,tentunya dengan hanya membuat hubungan pertemanan dengan orang yang benar-benar anda kenal didunia nyata.Atau jika anda berminat untuk menambah teman baru di jejaring sosial selidiki dulu orang yang anda ingin tambahkan sebagai teman,karena  akun yang menggunakan data palsu banyak beredar.

2. Privasi Terganggu.
      Tidak sedikit pengguna yan tak menyadari bahwa status atau tweet yang di baginya pada media tersebut bisa disaksikan oleh puluhan bahkan ribuan pasang mata,bayangkan jika anda mengupdate  status dengan isi seperti ini' bete nich dirumah sendirian' itu secara otomatis menginformasikan banyak orang bahwa posisi anda tidak nyaman dan aman.

3. Nama Baik Tercemar.
      Pengguna facebook pun rentan menjadi korban pencemaran nama baik.Penyababnya bisa jadi foto atau dokumen pribadi yang disimpan pada akun jejaring sosial kemudian di salah gunakan oleh orang lain atau (hacker) yang berhasil mengakses akunnya tanpa izin.Pastikan anda mengakses akun jejaring sosial anda dengan perangkat yang hanya bisa di akses oleh anda denan menggunakan kombinasi huruf,angka dan simbol pada pasword anda.

4.Terasing Dari Kehidupan Nyata
     Media jejaring sosial tanpa disadari telah membangun  suatu sistem kehidupan layaknya dunia nyata,bahkan bagi sebagian orang mungkin lebih menarikdari kehidupan nyata mereka,pengguna dapat berinteraksi dengan teman yang berasal dari penjuru dunia sekalipun dengan lebih mudah.Masalah akan timbul saat pengguna lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer bahkan memandangi hape kesayangannya di banding berinteraksi langsung dengan tetangganya di sekitar lingkungannya yang membuat pengguna tersebut terasing dari lingkungannya.

5. Menjadi Tersangka Kasus Kejahatan.
      Resiko yang juga mungkin anda hadapi ialah menjadi tersangka kasus kejahatan tanpa anda sadari.Hal ini bisa di mulai dari status anda yang mungkin menyinggung perasaan orang atau golongan lain.anda bisa di laporkan atas perbuatan yang tidak menyenangkan atau pencemarkan nama baik.
Untuk itu setiap kali akan membuat tweet atau status dan mengomentari status orang lain sebaiknya anda pikirkan dengan bijak efek yang mungkin di timbulkan.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Bahaya Di balik Status Jejaring Sosial Facebook. di blog Indo Elektronika jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :